Riset kedokteran menunjukkan bahwa, bayi yang baru lahir memiliki 14 milyar sel
otak, hanya sedikit perbedaannya dengan otak orang dewasa. 60% dibangun sebelum
usia 3 tahun dan 80% sebelum 8 tahun. Oleh karenanya penting untuk
mengembangkan sel-sel otak ini selama masih janin dan setelah lahir dan
menyediakan lingkungan yang kondusif guna mendukung perkembangan otak tersebut.
Multiple Intelligence
1. Logis Matematis
Kemampuan untuk mengeksplorasi pola – pola kategori dan hubungan dengan memanipulasi objek atau symbol dan dengan eksperimen menurut cara yang terkendali dan teratur. Kemampuan untuk menalar baik secara deduktif atau induktif dan untuk mengenali dan memanipulasi pola – pola abstrak dan hubungan – hubungan.
Ciri – ciri :
Contoh Karir:
Programmer, banker, akuntan, ahli statistic, analisa data, pialang, auditor, manajer pembelian, jaksa, peneliti dan profesi kesehatan serta Teknisi computer
2. Linguistik
Kemampuan untuk menggunakan bahasa guna menjadikan sebuah informasi menarik diterima dan meyakinkan. Melibatkan tidak hanya kemudahan dalam menghasilkan data namun juga sensitivitas terhadap tata letak dan ritme kata.
Ciri:
3. Intrapersonal
Kemampuan untuk memahami perasaan, impian dan ide
Ciri:
Karier yang sesuai:
Psikolog, terapis, filosofis, pemimpin keagamaan, pekerja social, pembimbing meditasi, pemimpin organisasi, trainer, professional dalam bidang kesehatan mental
4. Interpersonal
Kemampuan untuk memahami orang lain.
Ciri :
Karir :
Guru, antropologis, pemimpin organisasi, costummer service, public relation, sales , travel agent, sosiologis, pembawa acara talk show politisi dan konsultan
5. Body Kinestetik
Kemampuan untuk menggunakan motorik kasar dan halus dalam olahraga seni dan produksi kerajinan. Intelegensi ini melibatkan tubuh untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan produk dan untuk menuangkan ide dan emosi.
Ciri:
Karier :
Atlet, fisioterapis, model, mekanik, koreografer, artis, pembuat kerajinan, penemu, penari, artis sirkus, dokter, perawat, pelatih olahraga dan militer.
6. Visual Spasial
Kemampuan untuk memanipulasi sebuah bentuk atau objek dan untuk menciptakan keseimbangan dan komposisi dalam tampilan visual atau spasial.
Ciri-cirinya:
7. Musikal
Adalah kemampuan untuk menikmati, memainkan, dan membuat karya musical. Termasuk juga sensitivitas dalam ritme suara, dan respon terhadap dampak emosional elemen-elemen ini.
Ciri:
8. Naturalis
Merupakan kemampuan untuk mengenali flora dan fauna, serta fenomenanya.
Karakter:
Perkembangan potensi kecerdasan adalah sebuah proses yang rumit. Hal ini bukan
saja menyangkut berapa jumlah sel atak yang ada namun lebih merupakan
ketersambungan antara sel – sel ini dalam keseluruhan jaringanotak. Hanya 5%
dari milyaran sel otak yang berkembang. Sementara 95% lainnya belum. Oleh
karenanya potensi pengembangan otak menjadi tidak terbatas.
Multiple Intelligence
1. Logis Matematis
Kemampuan untuk mengeksplorasi pola – pola kategori dan hubungan dengan memanipulasi objek atau symbol dan dengan eksperimen menurut cara yang terkendali dan teratur. Kemampuan untuk menalar baik secara deduktif atau induktif dan untuk mengenali dan memanipulasi pola – pola abstrak dan hubungan – hubungan.
Ciri – ciri :
- Suka hal – hal yang bersifat matematik atau ilmiah
- Senang permainan yang membutuhkan strategi seperti puzzle dan catur
- Senang menyelidiki fenomena alam dan kejadian untuk hal – hal yang baru.
Cara
menstimulasinya:
a.
Bermain games yang menggunakan strategi dan logis
sperti catur dan domino.
b. Mendorong
anak berani berpendapat atau opini terhadap kejadian, cerita dan film
c. Menonton
program televisi yang
berkaitan dengan matematika atau pengetahuan
d. Selalu
melibatkan anak dalam berbagai aktivitas dalam keseharian
e. Mendaftarkan
anak kursus dalam mental aritmatika
f. Belajar
mengoperasikan computer dan software ringan
g. Mendorong
anak untuk berfikir dan menyelesaikan masalah
h. Membeli
bahan atau perlengkapan untuk kepentingan percobaan yang dilakukan oleh anak.
Contoh Karir:
Programmer, banker, akuntan, ahli statistic, analisa data, pialang, auditor, manajer pembelian, jaksa, peneliti dan profesi kesehatan serta Teknisi computer
2. Linguistik
Kemampuan untuk menggunakan bahasa guna menjadikan sebuah informasi menarik diterima dan meyakinkan. Melibatkan tidak hanya kemudahan dalam menghasilkan data namun juga sensitivitas terhadap tata letak dan ritme kata.
Ciri:
- Senang berinteraksi, tulis menulis dan debat
- Senang mendengarkan orang lain dan senang dengan pertanyaan
- Senang membuat audience mendengarkan pendapatnya dan memiliki kosakata yang bagus
- Senang bermain dengan kata – kata.
- Senang baca tulis dan memahami fungsi bahasa baik dalam menghafal tempat, nama dan tanggal
Cara
menstimulasinya:
a.
Main games huruf, kata – kata dan puzlle kata silang
b. Mendorong
untuk gemar membaca dan orang tua menyediakan tempat khusus membaca di rumah.
c. Belajar dan
menulis dengan mendengarkan
d. Didorong
untuk mengungkapkan pendapat sendiri
e. Belajar
bahasa lain
3. Intrapersonal
Kemampuan untuk memahami perasaan, impian dan ide
Ciri:
- Mampu menempatkan kesenangan atau ketidaksenangan terhadap aktivitas tertentu.
- Dapat mengkomunikasikan perasaan
- Peduli terhadap kelemahan dan kekuatan
- Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki
- Mampu untuk menempatkan tujuan – tujuan yang sesuai
- Mampu untuk bekerja meraih cita citanya
- Baik dalam memahami dirinya sendiri
- Baik dalam memahami dan mengamati instingnya
- Senang menjadi dirinya sendiri
Cara
menstimulasi:
a.
Tanya anak mengenai pendapat sendiri
b. Mendorong
anak untuk berfikir tentang kejadian hari ini dan menuliskannya
c. Menyediakan
buku perkembangan dirinya sendiri
d. Menetapkan
tujuan bersama dengan anak – anak
e. Mendorong
bertanya dan melakukan kegiatan bersama- sama
f. Mendorong
anak untuk mengungkapkan perasaan dan emosinya
Karier yang sesuai:
Psikolog, terapis, filosofis, pemimpin keagamaan, pekerja social, pembimbing meditasi, pemimpin organisasi, trainer, professional dalam bidang kesehatan mental
4. Interpersonal
Kemampuan untuk memahami orang lain.
Ciri :
- Menunjukkan ras empati terhadap orang lain
- Berhubungan baik dengan rekan sebaya dan orang yang lebih dewasa
- Menunjukkan kecakapan kepemimpinan
- Bekerjasama dengan baik dengan orang lain
- Sensitive terhadap perasaan orang lain
- Baik dalam mengatur, mengkomunikasikan dan kadang kala memanipulasi seseorang
Cara
menstimulasi :
a.
Mendorong anak untuk mengunjungi teman dan
berinteraksi
b. Medorong
anak untuk berbagi pendapat
c. Mendorong
mengamati orang lain (gerak gerik dan ekspresi) dan mendiskusikan apa yang
diamati dan artinya
d. Mendorong
untuk berpartisipasi dalam kerja sosial
e. Mendorong
anak untuk berpikir dari sedut pandang yang berbeda
f. Mendiskusikan
sifat – sifat tokoh dalam film atau buku
Karir :
Guru, antropologis, pemimpin organisasi, costummer service, public relation, sales , travel agent, sosiologis, pembawa acara talk show politisi dan konsultan
5. Body Kinestetik
Kemampuan untuk menggunakan motorik kasar dan halus dalam olahraga seni dan produksi kerajinan. Intelegensi ini melibatkan tubuh untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan produk dan untuk menuangkan ide dan emosi.
Ciri:
- Memiliki keseimbangan yang baik, ritme yang baik
- Memiliki gerakan yang indah
- Dapat membaca bahasa tubuh
- Memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata
- Dapat menyelesaikan masalah dengan cara mengerjakan
- Dapat mengkomunikasikan ide melalui gerak- gerik
- Baik dalam aktivitas fisik dan seni
Cara
menstimulasi :
a.
Mendorong untuk menjawab pertanyaan dengan bahasa
tubuh
b. Mendorong
untuk membuat karya ketrampilan tangan
c. Mendorong
partisipasi dalam aktivitas olahraga dan tarian
d. Bermain
permainan untuk meningkatkan koordinasi Syaraf- otot
Karier :
Atlet, fisioterapis, model, mekanik, koreografer, artis, pembuat kerajinan, penemu, penari, artis sirkus, dokter, perawat, pelatih olahraga dan militer.
6. Visual Spasial
Kemampuan untuk memanipulasi sebuah bentuk atau objek dan untuk menciptakan keseimbangan dan komposisi dalam tampilan visual atau spasial.
Ciri-cirinya:
- Senang menggambar dan merancang bangun.
- Senang puzzle
- Memperhatikan detail
- Mengingat tempat dengan bantuan penjelasan atau gambar
- Dapat membaca peta
- Memiliki orientasi yang baik.
- Baik dalam menggambarkan benda, membaca peta dan kurva.
Cara
menstimulasi:
- Mendorong visualisasi dan konseptualisasi bahan bacaan
- Mendorong bermain permainan yang memerlukan penggunaan visualisasi.
- Mendorong untuk melontarkan ide dan pemikiran melalui gambar dan grafik untuk mengekspresikan diri mereka sendiri.
- Mendaftarkan anak ke kursus membuat kerajinan, gambar, dan fotografi.
Karir:
Dekorator interior, desainer interior, fotografer, arsitek, pilot, ahli bedah, pelukis, pemahat, chef, illustrator buku, pemandu wisata, desainer baju dan perhiasan.
Dekorator interior, desainer interior, fotografer, arsitek, pilot, ahli bedah, pelukis, pemahat, chef, illustrator buku, pemandu wisata, desainer baju dan perhiasan.
7. Musikal
Adalah kemampuan untuk menikmati, memainkan, dan membuat karya musical. Termasuk juga sensitivitas dalam ritme suara, dan respon terhadap dampak emosional elemen-elemen ini.
Ciri:
- Memiliki sensitivitas dalam pola-pola suara.
- Membedakan suara dengan jelas.
- Mencari dan menikmati pengalaman musical.
Cara
melatihnya:
- Mendorong untuk menyanyi
- Mendaftarkan anak ke les music.
- Mendorong anak untuk mendengarkan music selama membaca atau relaksasi.
- Mendorong anak untuk mendengarkan ritme alam dan mencoba untuk menemukan polanya.
- Mendorong untuk menggunakan lagu untuk mengekspresikan perasaan.
Karir:
Terapis musik, guru musik, penulis lagu, konduktor, pemain instrument musik.
8. Naturalis
Merupakan kemampuan untuk mengenali flora dan fauna, serta fenomenanya.
Karakter:
- Senang kegiatan outdoor, binatang, tumbuhan, dan benda-benda alam lain.
- Senang dan memperhatikan hal-hal semisal perubahan cuaca, perubahan daun di musim gugur, suara angin, hangatnya matahari, atau juga seekor serangga di ruangan.
- Mungkin membawa pulang binatang dari luar, dan memiliki binatang peliharaan serta ingin memiliki lagi.
Cara
melatih:
- Mendorong aktivitas yang berkaitan dengan alam
- Mendorong membaca bahan yang berkaitan dengan topik ini
- Mendorong untuk mengamati, mengapresiasi, dan mendengarkan siklus dan suara alam.
- Mendorong hoby yang berkaitan dengan alam, seperti berkebun, memilihara binatang.
sumber:
http://analisasidikjari.wordpress.com/
Multiple Inteligence dan Tips Menstimulasinya
Reviewed by King Denie
on
12:10 AM
Rating:
No comments:
sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)