Kamis, 25 April 2013

PERMAINAN DALAM BAHASA INDONESIA

Metode Permainan dalam Bahasa Indonesia

Belajar dengan bermain adalah kegiatan terpadu antara belajar dan bermain yang diintegrasikan dengan sebuah materi pelajaran. Tindakan ini merupakan upaya menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, dengan tujuan akhir mencapai pembelajaran yang sehat dan pemerolehan mutu yang maksimal.

Permainan mempunyai aspek edukatif sehingga kecerdasan anak bisa terasah, akan tetapi sayangnya seringkali orang tua menganggap bahwa bermain-main itu tidak ada manfaatnya sama sekali, karena alasan tersebut seringkali orang tua membatasi anak untuk bermain-main, mereka hanya disuruh untuk belajar dan belajar saja. Bermain bukan saja sebagai hiburan semata tapi juga menyimpan berbagai manfaat yang membantu tumbuh kembang seorang anak. Oleh karena itu orang tua tidak perlu melarang jika anaknya bermain, apalagi saat liburan tiba, karena saat anak bermain juga merupakan bagian dari proses belajar mereka.  

Contoh Permainan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Berikut ini merupakan contoh metode permainan yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dari segi kognitif.  

a. Menebak Nama 
Menebak nama adalah kegiatan permainan yang mengajak siswa untuk menyimpulkan sesuatu hasil dari sebuah keterangan tertulis ataupun lisan. Kegiatan ini bisa diintegrasikan dengan kegiatan membaca dan menyimak. Contoh : mendeskripsikan karakteristik objek yang harus dibaca siswa, kemudian siswa menebak namanya.

Si Lompat
  • Ia hidup di dua alam
  • Ia berkaki empat
  • Dia waktu kecil beda dengan sudah dewasa
  • Waktu kecil namanya kecebong
Siapakah si lompat itu?

b. Menyusun Kalimat dari Kata Akhir 
Pada permainan ini siswa diminta berdiri berjajar, selanjutnya guru mengawali dengan sebuah kalimat, dari kalimat yang sudah diucapkan secara lisan tersebut akan ditemukan kata akhir, kata akhir tersebut digunakan oleh anak berikutnya sebgai kata pertama untuk membuat kalimat baru.
Contoh:
Setiap hari aku pergi kesekolah naik sepeda
Sepeda baru aku adalah hadiah lomba melukis  
Melukis adalah yang paling aku suka  
Sukailah karya bangsa sendiri  
Sendiri di rumah sangat susah 
Susah senang itu adalah kembang kehidupan
Kehidupan di dunia hanyalah sementara, dan seterusnya.
Agar permainan ini menarik anak yang salah atau tidak bisa membuat kalimat diminta untuk berjoget atau menyanyi. Tindakan ini sebagai salah satu bentuk motivasi kepada siswa – siswi agar semua kreatif dalam belajar dan sportif dalam permainan.  

B. Langkah – langkah Penerapan Permainan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode permainan. Secara sederhana dapat digambarkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui empat keterampilan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, dari keempat keterampilan itu bisa dipadukan dengan beraneka ragam permainan. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan adalah, pertama menghubungkan topik pembelajaran yang akan disampaikan dengan model permainan yang cocok dengan empat materi keterampilan tersebut. Kedua persiapkan model permainan itu dalam sebuah rancangan tertulis dengan memperhatikan bahan ajar, rincian kegiatan, alokasi waktu dan media yang akan digunakan.

0 comments:

Poskan Komentar

sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus