Tuesday, November 27, 2012

Tirta Sanita, Gunung yang terlihat diselimuti salju


Tirta Sanita atau lebih dikenal dengan gunung kapur terletak di Desa Bojong Indah, Kecamatan  Parung, Bogor. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Bogor, atau kalau dari Jakarta hanya 30 kilometer saja. Di Tirta Sanita ini kita bisa mandi air panas alami yang mengalir dari langsung dari gunungnya.

Gunung kapur terlihat putih apabila dari kejauhan seperti diselimuti oleh salju yang merupakan proses dari sedimen ribuan tahun oleh air belerang. dahulu kala air belerang ini di gunakan untuk membuat garam dengan cara di endapkan, terbukti sebelum gunung kapur di bangun oleh PT Tirta Sanita terdapat kolam tampungan untuk mengendapkan air belerang ada juga bangunan yang di gunakan untuk pembakaran kapur, sayang sekali bangunannya sudah dibongkar

Di Tirta Sanita ini kita bisa menyegarkan badan dengan mandi air panas belerang. Air panas ini bermanfaat untuk kesehatan, karena berguna untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya. Sumber air panas Tirta Sanita ini telah diuji oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd, yang menyatakan bahwa air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan manusia, terutama untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit.

Akses menuju Tirta Sanita
Dari arah Bogor - Jampang - perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur, tapi jika dari arah Jakarta sebaiknya melalui Tol Pondok Indah-Serpong, melewati Muncul/Puspitek sampai perempatan pasar Prungpung ambil jalan lurus lebih kurang 4 kilometer menuju ke Lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Tapi jika tidak lewat jalan Tol, rutenya Lebak Bulus - Pondok Cabe - Parung - Ciseeng.

suasana lebaran di pintu masuk Tirta Sanita
Bayangkan bila anda ada di tengah-tengah mereka
Yang harus diperhatikan.
Demi kenyamanan anda saat berkunjung ke Tirta Sanita anda harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Jangan tergiur tawaran calo tiket yang menawarkan harga tiket lebih murah, yang sebenarnya tidak benar malah relative lebih mahal.
  2. Bila anda tergiur tawaran calo tiket usahakan menawar dengan harga semurah mungkin, jangan percaya bila mereka membandingkan dengan harga tiket asli yang katanya lebih murah dan bersiap-siaplah jalan lebih jauh bila anda kurang beruntung mereka akan mengajak anda masuk lewat pintu sampah.
  3. Jangan berkunjung di hari lebaran karena anda akan membawa oleh-oleh bĂȘte dan gondok, karena buanyaaaaaaaaakk sekali pengunjung dan buanyaaaaaaaaakk sekali calo tiket, bila anda ingin menikmati suasana hari raya disana usahakan datang pada hari-hari yang kira-kira sepi pengunjung seperti rabu, kamis dan jumat.
  4. Bawa makanan yang cukup, karena harga makanan disana fantastis sekali dan bila anda tidak mau repot dengan membawa bekal cobalah menu makanan di "Warung Okedeh" yang pemiliknya Po' Odah harganya bersahabat dan gado-gadonya ajiib. :)