Problem
Based Learning adalah pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah model
pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta
didik untuk belajar. Model ini menuntut peserta didik bekerja dalam tim untuk
memecahkan masalah dunia nyata (real world)
Proses
belajar siswa diawali dengan mempelajari sebuah masalah yang diberikan yang
menuntut mereka untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan tertentu agar
dapat memecahkan masalah tersebut
Tujuan
Problem Base Learning bukanlah penyampaian sejumlah besar pengetahuan kepada peserta
didik melainkan pengembangan kemampuan
berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah dan pengembangan kemampuan peserta didik untuk secara aktif membangun
pengetahuan sendiri
Perbandingan PjBL &
PBL
Project Based Learning
- memungkinkan keterkaitan antar mata pelajaran
- memungkinkan waktu yang lebih panjang (seminggu, sebulan)
- tahapan penyelesaiannya dapat bervariasi
- ada produk yang dihasilkan
Problem Based Learning
- focus pada satu topic permasalahan tertentu saja
- memerlukan waktu yang lebih singkat
- tahapan penyelesaiannya mengikuti prosedur khusus
- produk yang dihasilkan berupa laporan tertulis atau presentasi penyelesaian masalah
PERAN GURU, PESERTA
DIDIK, MASALAH DALAM PROBLEM BASED LEARNING
Guru Sebagai Pelatih
- Asking about thinking (bertanya tentang pemikiran)
- memonitor pembelajaran
- probbing ( menantang peserta didik untuk berfikir )
- menjaga agar peserta didik terlibat
- mengatur dinamika kelompok
- menjaga berlangsungnya proses
Peserta Didik
Sebagai Pemecah Masalah
- peserta yang aktif terlibat langsung dalam Pembelajaran
- membangun pembelajaran
Masalah Sebagai Awal
Tantangan Dan Motivasi
- menarik untuk dipecahkan
- menyediakan kebutuhan yang ada hubungannya dengan pelajaran yang dipelajari
Tahapan Problem Base Learning
- Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan sarana logistik yang dibutuhkan, guru memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktifitas pemecahan masalah nyata yang dipilih atau telah ditentukan
- Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
- Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang sudah diorientasikan pada tahap sebelumnya
- Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
- Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dan melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan kejelasan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
- Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
- Guru membantu peserta didik untuk berbagi tugas dan merencanakan atau menyiapkan karya yang sesuai sebagai hasil pemecahan masalah dalam bentuk laporan, video, atau model
- Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
- Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan
Model pembelajaran berbasis masalah
Reviewed by King Denie
on
9:14 PM
Rating:
No comments:
sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)