Jumat, 10 Februari 2012

Fenomena Kilat Abadi Di Venezuela


Misteri "Rel├ímpago del Catatumbo" (kilat Catatumbo) adalah satu fenomena unik yang di alami dunia. Terletak di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela) fenomena kilat awan ke awan yang membentuk tegangan listrik melebihi tinggi 5 kilometer yang terjadi 140 sampai 160 malam dalam setahun, 10 jam kemarin, dan sebanyak 280 kali per jam.

Badai ini terjadi hampir permanen di sepanjang rawa di mana Sungai Catatumbo masuk ke Danau Maracaibo dan dianggap pembangkit ozon terbesar tunggal di planet ini, berdasarkan intensitas aliran listrik awan ke awan dengan frekuensi yang sangat besar.

Di kawasan itu terlihat sekitar 1,176,000 beberapa waktu listrik setahun, dengan intensitas hingga 400.000 ampere, dan terlihat hingga 400 km jauhnya. Ini adalah sebab mengapa  disebut Beacon Maracaibo dimana cahayanya telah digunakan untuk pelayaran oleh kapal-kapal di masa dahulu.

Tabrakan dengan angin yang datang dari Pegunungan Andes menyebabkan badai dan kilat, karena beberapa waktu listrik melalui gas terion, khususnya metana yang dibuat oleh penguraian bahan organik dalam rawa. Menjadi lebih ringan dari udara, gas naik ke awan.

Beberapa pencinta lingkungan lokal berharap untuk menjadikan kawasan itu di bawah perlindungan UNESCO, karena ia adalah suatu fenomena yang luar biasa, sumber terbesar dari jenisnya untuk regenerasi lapisan ozon planet.


Sumber: http://majalahbiarbetul.blogspot.com/2011/08/misteri-kilat-abadi-venezuela.html # ixzz1lAsB8Azz

0 comments:

Poskan Komentar

sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus