Senin, 07 Desember 2015

Akal bulus Mark Zuckerberg di balik aksi donasi Rp 617 triliun

Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, baru saja memutuskan untuk menyumbangkan seluruh sahamnya ke lembaga amal. Namun, disinyalir, langkah ini hanya sebagai langkah anak muda terkaya di dunia tersebut untuk menghindari pajak.

Dilansir dari Says, Kamis (3/12), ada beberapa hal yang menjadi poin dasar bahwa aksi Mark ini hanya sebagai bentuk penghindaran pajak. Pertama, lembaga donasi yang akan diberikan dana ialah milik Mark Zuckerberg yang nantinya akan dikelola oleh dirinya sendiri, istri, bersama anaknya kelak.

Dari sini anak Mark disebut akan mendapat potongan pembayaran pajak atas warisan ayahnya kelak sekitar 45 persen dari total kekayaan. Nilai 'penyelamatan' yang cukup signifikan tentunya dari total kekayaan yang besar.

Selain itu, Mark juga tidak membiarkan Facebook lepas begitu saja dari genggamannya. Sebab, lembaga amal tersebut akan menjadi pengelola. Sesuai namanya, Chan Zuckerberg Initiative LLC dibentuk sebagai limited liability company sehingga lembaga ini bisa melakukan investasi seperti laiknya milik swasta.

Kedua, Mark memanfaatkan aturan pajak pemerintah Amerika Serikat yang memutuskan untuk memberikan potongan hingga sepertiga dari dana yang didonasikan pada lembaga amal. Apalagi, Mark tidak sekaligus memberikan seluruh kekayaannya, melainkan sedikit demi sedikit. Di mana pada tahap awal, Mark akan memberikan USD 1 miliar per tahun.

Maka dari itu, bisa diasumsikan, semakin sedikit dana yang diberikan maka semakin besar besaran pajak yang bisa dihindari karena potongan tersebut.

Sebelumnya, istri Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Priscilla Chan telah melahirkan putri pertama yang diberi nama Maxima Chan Zuckerberg. Kebahagiaan orang terkaya nomor tujuh di dunia ini dibagikan melalui akun facebooknya.

Bahkan, Mark berencana mendonasikan 99 persen saham facebook senilai USD 54 miliar atau Rp 617 triliun kepada yayasan yang akan dibuatnya, Chan Zuckerberg Initiative.

Yayasan ini dibangun untuk memperbaiki berbagai masalah di dunia yang difokuskan untuk meningkatkan potensi manusia dan mendorong kesetaraan bagi semua anak di generasi yang akan datang.

Mark pun menuliskan di dinding akun facebooknya soal rencana donasi tersebut. Donasi ini disebutkan sebagai rasa syukur Mark telah dikaruniai putri yang cantik.

Dia mengatakan upaya ini memang masih kecil dari segi dana. Namun, ia berharap hal itu bisa membantu menjadikan dunia yang lebih baik untuk Max dan anak-anak lain.


 Source : Merdeka.com

0 comments:

Poskan Komentar

sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus