Selasa, 15 Desember 2015

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula


Setelah sobat tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya sobat menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula agar sobat tidak perlu melakukan hal yang sama berikut ini: 
 
1.Terlalu sibuk dengan tampilan
kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll. Padahal semua itu sama sekali tidak begitu penting.Yang akan menjadikan blog sobat dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang nantinya bukanlah karena tampilan, tapi konten yang ada di blog sobat. 

2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas
Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri atau hasil jiplak tulisan blogger lain.(seperti blog ini, yang isinya kebanyakan dari copas dari blog lain :D)

3. Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek
Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan.Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.

4. Tidak konsisten
Di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih penting.

5. Membahas terlalu banyak topik
Apakah masalah kalo membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yang pasti blog sobat akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.

6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog sobat dan hanya akan membuang-buang waktu.

7. Membuat terlalu banyak blog
Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus. Meskipun sobat bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog. 

8. Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat
Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan konsistensi. 

9. Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal
Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Memulai mengembangkan blog

Jika kita sudah mempunyai blog dan beberapa konten di dalamnya, selanjutnya tentu saja kita ingin agar blog kita memiliki banyak pembaca atau pengunjung. Nah di sinilah kita mulai malakukan yang namanya promosi, mulai mengenal yang namanya SEO dan tetek bengeknya.

1. Tetap fokus ke konten
Konten sampai kapanpun akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas. Seperti apa itu konten berkualitas :
  • Dicari oleh pembaca
  • Unik, berbeda, dan original
  • Berguna dan bermanfaat
  •  
2. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika sobat menginginkan blog sobat mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau sobat harus berurusan dengan SEO. Tapi sobat tidak perlu benar-benar menjadi ahli SEO untuk bisa mendaptakan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar saya rasa sudah cukup untuk membantu meningkatkan trafik blog sobat dari mesin pencari.

2. Blogwalking
Blogwalking secara sederhana adalah kegiatan berkujung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking adalah cara lama yang sering dilakukan oleh blogger pemula untuk mandapatkan pengujung, tapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif. Selain mendapatkan pengujung blogwalking juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:
  • Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
  • Mendapatkan backlink yang merupakan salah satu faktor terpenting SEO
  • Mendapatkan ide atau inspirasi
  • dan lain-lain
3. Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri saat ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial. Manfaatkanlah dengan baik media sosial sebagai tempat promosi untuk blog sobat.

4. Forum 
Di internet banyak sekali forum-forum yang berisi orang-orang yang memiliki hobi atau minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yang sesuai dengan topik blog sobat.
Pada intinya adalah aktiflah dimana pembaca sobat sering menghabisakan waktunya. Sobat bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yang sobat minati dan sesekali mempromosikan blog sobat. Yang terpenting jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum memiliki peraturan yang ketat.

5. Social bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yang ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yang menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink.

Salah satu situs social bookmarking yang paling populer di Indonesia adalah lintas.me. Sobat bisa mensubmit postingan blog sobat ke social bookmarking tersebut, tapi sayang sekali lintas.me sudah mati suri beberapa bulan ini.

6. Tetap Belajar
Tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog sobat. Manfaatkanlah Google sebagai tempat mencari informasi yang sobat butuhkan.
Gabunglah ke forum-forum seperti ads.id karena banyak tips-tips yang bermanfaat di sana.


source: Sugeng.id

0 comments:

Poskan Komentar

sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus