Selasa, 15 Desember 2015

Panduan Belajar Ngeblog untuk Pemula

Kenapa ngeblog?

Hal pertama yang perlu sobat tanyakan pada diri sobat adalah “Kenapa Ngeblog?” Saya yakin sobat punya alasan kenapa ingin ngeblog. Mungkin karena sobat hobi banget nulis, ingin menjadi terkenal di internet, buat gaya-gayaan, iseng aja karena gak ada kerjaan, ingin menghasilkan banyak uang dari blog, atau yang lainnya. Yang pasti semua orang mempunyai alasan yang berbeda-beda kenapa ingin menjadi seorang blogger. 

Alasan ngeblog sangat berkaitan dengan tujuan kita. Tanpa alasan yang jelas sobat akan kesulitan menentukan tujuan. Apakah tujuan ngeblog itu penting?

Manfaat ngeblog

Jika sobat mempunyai alasan kenapa ingin ngeblog, maka sebaiknya sobat juga mengetahui manfaat ngeblog agar semakin meyakinkan sobat bahwa ngeblog itu memang hal yang sangat menyenangkan.
Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan jika menjadi seorang blogger :

Menjadi seorang penulis hebat 
jika sobat adalah orang yang hobi menulis, maka saya yakin jika sobat ngeblog kemampuan menulis sobat akan meningkat dan bukan tidak mungkin bisa menjadi seorang penulis yang hebat.

Membantu orang lain
Manfaat ngeblog juga bukan sekedar untuk kita sendiri, karena dari blog kita juga bisa membantu orang lain dengan pengetahuan ataupun ilmu yang kita miliki.Nggak ada hal lain yang lebih menyenangkan dari ngeblog selain bisa membantu sesama. 

Membangun kepercayaan
Ketika kita bisa membantu sesama melalui blog maka kita akan diberi kepercayaan oleh pembaca blog kita karena telah memberikan informasi yang berguna bagi mereka. Memang apa sih pentingnya kepercayaan? Saya yakin sobat tahu jika dunia online semakin berkembang. Pengguna internet setiap hari terus bertambah dan semakin banyak orang-orang yang mulai mengembangkan bisnisnya ke dunia online.Salah satu kunci kesuksesan bisnis online adalah kepercayaan. Nah, blog adalah tempat yang tepat untuk membangun kepercayaan tersebut. 

Membangun Jaringan
Manfaat lain adalah kita bisa dengan mudah membangun jaringan melalui blog. Jika blog kita secara konsisten diisi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat sesuai dengan keahlian kita, maka akan semakin banyak pembaca setia yang rajin mengunjungi blog kita. Jika kita sudah punya kepercayaan dan juga jaringan yang luas di internet, maka akan sangat mudah untuk mengembangkan bisnis di internet. 

Menghasilkan Uang
Yang terakhir tentu saja bahwa blog juga bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? akan saya jelaskan lebih detail di bawah.
Nah itulah beberapa manfaat ngeblog yang bisa sobat dapatkan. Sebenernya masih banyak lagi, tapi cukup saya tuliskan 5 saja yang menurut saya paling besar.


Dari mana harus memulai?

Memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri.

Tentukan tujuan
Apakah tujuan ngeblog itu penting? Sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita. Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas. 

Tentukan topik
Pilihlah topik yang benar-benar sobat minati sesuai dengan hobi atau keahlian sobat. Jika sobat memilih topik yang sobat sendiri tidak begitu suka, maka blog sobat tidak akan bertahan lama.

Pilih layanan ngeblog
Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sobat. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

Mulai menulis
Jika sobat sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog sobat dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin sobat tulis sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan.

Mempercantik blog
Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.Sobat bisa mengganti template atau tampilan blog sobat dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

source: sugeng.id

1 comments:

Poskan Komentar

sempatkan untuk komentar bentar ya... ;)

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus